Ngantuk?

Saat duduk di bangku SMA dulu, aku seringkali mengantuk setiap menginjak pukul 12.30, rutin, hampir setiap hari, dan terjadi secara konsisten (lah iya,namanya rutin ya pasti konsisten :D). Gejala ini disertai dengan perut yang mulai mengadakan pergolakan meminta diisi.
Aku jadi berpikir, apakah ngantuk selalu disertai dengan perut lapar? Atau justru karena lapar maka mata mengantuk? Mana yan lebih dahulu datang? Mana sebab dan mana akibat?

Kupikir-pikir, ngantuk ini dilematis juga, ya.. Saat aku mencoba mengatasi ngantuk dengan melakukan pekerjaan lain yang menyenangkan hati, kadangkala ngantuk itu sirna, tapi kadang juga tetap bertahan pada pelupuk mata.

Sempat dulu, ada polling mengenai cara mengatasi ngantuk yang diajukan kepada beberapa siswa dari beberapa sekolah tetangga, dan hasilnya seperti ini:
  • Taruna Nusantara: minum vitamin
  • Seminari Mertoyudan: olah raga
  • De Brito: tidur..
Nah.. siapa yang paling realistis? Hehehe....

Tapi kalau dipikir-pikir lagi, sebenarnya tidak hanya berhubungan dengan lapar, kantuk itu juga berhubungan dengan bosan.
Benar, kelas 1 SMA dulu, aku hanya mengantuk siang hari, saat jam menjelang makan siang. Kelas 2 SMA jadwalnya bertambah saat pelajaran Kimia, yang notabene gurunya hanya membaca materi persis seperti yang tertulis di buku paket, jelas bosann... Saat kelas 3 SMA, hampir setiap pelajaran eksak aku tidur, padahal, sebagai catatan, aku ini siswa jurusan IPA. Jelas terlihat, minat mempengaruhi daya tahan mata untuk bertahan terjaga, hahaha...

Jadi, ngantuk dulu apa lapar dulu? Bosan dulu apa ngantuk dulu? Dilematis :D

Comments

  1. Hahaha... masa sih? Tapi nilainya tetep bagus biarpun ngantuk, itu namanya jeniusss...! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... pas jelas 1-2 aja bagus, pat..
      Kelas 3 rangking 6 dari belakangg... hahahaaa....

      Delete

Post a Comment

Please enter ur comment here...-.~