hobby.. sekedar atau sungguh-sungguh?

Sebelumnya tak pernah terpikir tema ini, sampai seorang kawan bertanya hobby apa yang membuatku menghabiskan uang banyak untuk itu.

Mungkin ada banyak hobby, tapi tak pernah sampai menghabiskan banyak uang. Mungkin karena aku tak terlalu serius dengan hobby ku, atau karena aku mengganggap tak terlalu penting mengeluarkan duit untuk itu? Apakah ukuran keseriusan menekuni sebuah hobby diukur dari berapa banyak uang yang dikeluarkan untuk menekuninya?
Sekarang pikiranku berjalan berkeliling, dan mulai mendapati bahwa hobby hanya bisa menghabiskan uang banyak ketika dia ditekuni oleh orang-orang yang cukup berduit atau sudah terpenuhi kebutuhan pokoknya. Seorang yang belum cukup uang untuk makan, tak akan memikirkan mengutak-atik motornya sampai menghabiskan beberapa juta atau bahkan seratus ribu pun. Tentu tidak, karena prioritasnya adalah perut.
Lalu menengok kelompok lain. Seorang workoholic. Apakah mungkin dia mneghabiskan beberapa ratus ribu uangnya untuk hobby berbelanja,. misalnya? ah.. makin bu\ingung saja.
Jadi, apa sebenarnya yang dikatakan keseriusan menekuni hobby?

Comments