Pendakian Gunung Slamet via Guci

Pendakian Gunung Slamet via Guci

Puncak Slamet via Guci

Start dari perijinan pukul 10.00
Perijinan – pos 1          : 2 jam
Pos 1 – pos 2                : 2 jam
Pos 2 – pos 3                : 1 jam
Break masak + makan siang 1 jam
Pos 3 – pos 4                : 2 jam
Sampai Pos 4 pukul 20.00
Summit attack:
Pos 4 – pos 5      : 1.5 jam

Ada 3 terowongan dari ranting-ranting pohon. Terowongan yang paling awal dari pos 4 sampai harus merayap ketika berjalan melewatinya.
Ada 3 pos bayangan dalam perjalanan menuju pos 5 yaitu:
-         dataran samping sumber air langsung (bisa untuk 2 tenda kapasitas 4),
-         dataran dengan palang kayu di sisi kiri jalur menuju pos 5 (muat 3 tenda)
-         dataran luas di kiri jalur menuju pos 5 dengan shelter pondok beratap seng, 10 menit sebelum pos 5. Ada juga yang menyebut pos bayangan ini sebagai pos Gubug Edelweis. Di sini bisa muat 6 tenda selain shelter
Di pos 5 sendiri bisa didirikan 1 tenda kapasitas 4 dan 1 tenda kapasitas 2 karena tanahnya relative miring dan dataran yang tidak miring hanya 2 posisi itu saja.
Ada sumber air di sini tetapi kita harus berjalan dulu dan harus tau posisinya karena tidak ada petunjuk lokasi sumber. Umumnya orang membawa air dari pos 4.

Batas vegetasi terakhir di pos 5. Banyak tumbuh cantigi di sini sehingga nama pos 5 adalah pos cantigi.
pos 5 cantigi








pos 5 cantigi







pondok edelweis


Pos 5 – puncak   : 2 jam
Track ke puncak didominasi batu dan pasir kerakal tipis, makin ke atas makin kecil diameter batuannya. Di atas berupa pasir tipis sehingga makin menyulitkan kaki untuk mencari pijakan yang mantap. Daripada salah melangkah dan tentu saja akan menyulitkan untuk pindah jalur dari jalur pasir tipis, maka lebih baik ikuti tanda batuan berpilox putih dan pilih jalur yang masih relative lebih besar diameter batuannya.
menuju puncak

Di puncak Guci sendiri tidak ada plakat, hanya ada sebuah Guci coklat dengan guratan ketinggian dan nama tulisan Puncak Guci, dan bendera hitam dengan tiang bamboo yang tertancap pada Guci.
Untuk mencapai puncak dari jalur Bambangan, kita bisa turun melipir kawah lalu naik sedikit, kira-kira butuh waktu 30-60 menit. Di puncak Bambangan ada plakat.
Guci di Puncak Guci

Perjalanan turun:
Puncak – pos 5   : 1 jam
Pos 5 -4      : 45 menit
Seorang teman kelompok kami tergelincir saat turun dari puncak sehingga agak mengkhawatirkan kalau dipaksakan turun pada hari yang sama, juga seorang teman kami takut jalan malam lagi karena semalam saat menuju pos 4 dia sempat kemasukan dan membuat rombongan kami sangat khawatir; maka, demi kebaikan semua, kami putuskan menambah camp 1 malam lagi di pos 4.
Karena menginap 2 malam di pos 4, energy kami seperti full tank sehingga turun dengan full speed.
Pos 4-3       : 60 menit
Pos 3-2       : 15 menit
Pos 2-1       : 30 menit
Pos 1 – Perijinan : 1 jam


Comments