Pendakian Gunung Kelud via Tulungrejo Blitar

Oktober 2016
Tak ada rencana nggunung kali itu sebenarnya, hanya saja hati sedang galau, di kerjaan sudah ngga konsen, dan pengen pergi entah ke mana.
Pucuk di cinta, teman yang selebgram - yang sama-sama naik ke Gunung Buthak tahun baru 2016 lalu - tiba-tiba menawarkan ikut dia dan teman-teman selebgramnya ke Gunung Kelud via Tulungrejo. Tak pakai pikir panjang, aku langsung iyakan saja.
Berangkatlah kami malam itu. Meeting point di terminal Bratang dengan teman selebgram ini, lalu parkir di Bungurasih untuk bertemu dengan teman-teman lain. Ciyuz, aku ngga kenal yang lain, cuma teman cewek ku 1 ini aja.

21 Oktober 2016
Dari pukul 22.30, kami tunggu-menunggu semua berkumpul sampai pukul 24.00. Aku sudah menduga, pasti sampai Malang nanti sudah tak ada bus ke Blitar. Artinya kami harus terdampar di terminal Arjosari beberapa jam baru akan mendapatkan bus yang dimaksud. Benar dugaanku. kami terdampar beberapa lama di parkiran motor seberang pintu keluar bus terminal Arjosari. Yahh.. karena ngantuk ya sambil tidur-tidur aja di pinggir jalan, beralaskan carrier masing-masing.

23 Oktober 2016
Sekitar pukul 3 baru ada bus pertama ke arah Blitar. Kami turun di pertigaan arah Pasar Wlingi, lalu menunggu Mas Randy dan Mas Aris - owner pickup yang akan mengantar kami ke Pos Perijinan. Tidur-tidur lagi dong di "amben" di tepi jalan, sampai pick up datang. Sebelum ke rumah Mas Aris, kami mampir Pasar Wlingi untuk belanja logistik. Sekitar 1 jam sepertinya. Lalu baru lanjut ke rumah Mas Aris.
Pagi ini, kami di drop dahulu di rumah Mas Aris untuk beristirahat, baru nanti sekitar pukul 10.00 kami diantar ke pos perijinan karena ternyata Mas Aris harus masuk kerja hari ini. Sampai di rumah, kami disuguhi makanan, yang langsung kami santap habis, dan setelah itu lanjut tidur :D
Pukul 10.00, pick up berangkat dari rumah Mas Aris ke arah Desa Tulungrejo. Arahnya menuju Kediri. Lewat jembatan cor yg Baru tapi tanpa pagar Sama sekali, agak serem apalagi kalau berpapasan dengan kendaraan dari arah seberang a.a
Sebenarnya ini pendakian lama, sebelum jalur ke kawah longsor dan jadi harus memakai webbing untuk mencapainya,
Okt 2016 tepatnya..
Hanya saja selalu malas untuk menuliskan catpernya 😅
Perjalanan dimulai dari Wlingi, Blitar
Pos perijinan di sana hanya berupa sebuah rumah biasa, di samping kebun karet
Untuk masuk ke titik awal pendakian, kita perlu berjalan sekitar 100 meter dari pos perijinan, lalu masuk jalan setapak Di antara hutan karet
Cabang pertama, belok Kiri, lalu ikuti saja jalan setapak
Start pendakian ke POS 1 (melewati atas sungai dan hutan tropis): 1 jam
Ada shelter kecil di sini (cukup untuk 1 tenda saja), pada tanah miring yang penuh pacet 😁
Pos 1- pos 2: 1 jam, berupa tanah lapang di antara jurang di kiri-kanan
Tenang, untuk 3 tenda masih bisa kok
Kalau kurang, bisa mendirikan di tempat datar lagi setelah pos 2, Sama.. bisa 3 tenda juga berderet.
Pemandangan dari pos 2 sudah sangat menakjubkan: Puncak Sumbing nan megah
view dari dataran terakhir sebelum jalur naga
Untuk mencapai tepian bawah Puncak Sumbing, Kita bisa berjalan turun lalu naik jalur Naga
Jalur Naga Karena memang ramping dan hanya selebar setapak saja diapit jurang di kiri-kanan
Diakhiri lahan berpasir kerakal
jalur pasir kerakal di akhir jalur naga, menuju puncak
Lalu naik ke "puncak" dengan merayap pada lereng
Butuh waktu sekitar 30 sampai 45 menit untuk sampai ke sini.
merayap pada dinding batu menuju Puncak Kelud
puncak Kelud
Untuk lanjut ke bibir kawah, waktu itu butuh waktu sekitar 15 menit, melipir pada dinding Sumbing
Sempat makan nanas di bibir kawah 🍍
Dan jalan bareng Brandon sang Golden retriever ganteng punya mas @peenyu_ jugak :) :)
bersiap melipir dinding gagah Puncak Sumbing

bibir kawah dengan view kawah Kelud yang hijau
Oiya, yang harus diingat dalam pendakian Gunung Kelud adalah pacet. Yap, siap-siap digigit pacet aja sejak dari masuk hutan sampai puncak Kelud, hehehe... Banyaknya ampun ampun, tak perlu dijelaskan lagi, cuma perlu siap-siap aja.. :D
#keludmountain #keludviatulungrejo #kelud #gunungkelud #puncaksumbing #mountkelud #jalurnaga #dragonway #urbanhikers #mountainesia #pendakiindonesia #idpendaki #instapendaki #instagunung #pendakiperempuan #perempuanpendaki #perempuangunung #sahabatpendaki
#exploregunung #exploreindonesia #beautifulindonesia #exploreblitar #jelajahblitar #amazingscenery  #beautifulscenery #wonderfulindonesia #pesonaindonesia