Gereja "Ayam" Rhema

Gereja "Ayam", begitulah orang menyebut nama tempat ini ketika selesai menonton film AADC2. Yap, gereja ini memang melejit terkenal sejak muncul sebagai salah satu setting dalam film tersebut. Letaknya tak jauh dari Punthu Setumbu, bukit kecil dalam kawasan perbukitan Menoreh di mana kita bisa menyaksikan sunrise menyembul di antara lekuk-lekuk Borobudur nan megah. 

Dari Puntuk Setumbu, kita bisa berjalan kaki menyusur bukit menuju Bukit Rhema. Inilah nama sebenarnya untuk bukit di mana Gereja ini berada. Dan FYI, bentuk gereja ini sebenarnya bukan ayam, melainkan merpati, hahahaa... Ya, merpati, brurung yang diidentikkan dengan ketulusan dalam kisah-kisah Alkitab. 

Ada 2 cara untuk bisa mencapai Gereja Bukit Rhema:
  1. Lewat jalan arah Borobudur mengikuti petunjuk arah ke Punthuk Setumbu, lalu pada pertigaan terakhir ambil arah ke kanan mengikuti petunjuk Bukit Rhema. Dari parkiran, kita tinggal berjalan naik jalan semenan sekitar 5 menit untuk tiba di sisi depan gereja
  2. Lewat puncak Punthuk Setumbu lalu mengikuti jalan tanah setapak arah naik bukit, lalu turun. Ada sebuah warung kecil di sini yang menyediakan minuman kalau kita kehausan. Kita akan tiba di sisi belakang gereja. Tepat di sisi belakang ada warung juga, yang dibuat oleh penduduk sekitar, dan menjual minuman maupun makanan berat seperti nasi pecel dan mie instan.

perjalanan dari Punthuk Setumbu menuju Gereja Rhema
Baik lewat depan maupun lewat belakang gereja, kita diminta membayar tiket masuk pada loket yang ada, dengan harga Rp. 20.000/ orang. Yap, gereja ini juga telah resmi jadi tempat wisata. Maka, kebaktian di gereja ini tak lagi dilakukan khusus untuk umat Kristen tetapi untuk semua agama. 
Gereja Rhema tampak dari jalan setapak belakang

Comments