Museum Omahku Memoriku, Saksi Erupsi Merapi

jam yang beku karena erupsi, mencatat waktu saat kejadian
Museum ini berupa sebuah rumah yang masih tersisa lantai dan tembok-tembok ruangannya setelah dilintasi awan panas selama erupsi merapi. 
Lokasi rumahnya di Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Letaknya tak jauh dari -atau lebih tepatnya di antara- The Lost World dan Stonehenge Merapi. Jadi, kalau Anda ada rencana ke salah satu dari dua tempat tersebut, silakan mampir saja ke Museum ini. 
Di museum ini tidak ada tiket masuk, hanya biaya parkir kendaraan dan mengisi kotak amal seikhlasnya. Tour-tour jeep biasanya mampir juga ke tempat ini.

Di area paling depan, ada tulang-tulang hewan korban erupsi, juga motor yang menjadi saksi bisu kejadian, dan papan berisi foto-foto korban dan dokumentasi sekitar kejadian saat itu. Di depan pelataran ada sebuah toko souvenir.
bagian depan rumah museum
Memasuki bagian dalam rumah, berbagai barang rumah tangga yang meleleh kepanasan karena dilewati erupsi dipajang, mulai dari yang paling kecil sampai yang paling besar. Ada yang terbuat dari besi, logam, kaca, maupun kayu yang tersisa. Di dinding dipajang juga jam yang berhenti karena erupsi, tepat mencatat waktu kejadian.
tiket masuk gerbang area Kaliadem dan parkir Stonehenge

Comments