Curug Parigi - Niagara nya Bekasi

Curug adalah sebutan orang Jawa Barat untuk air terjun. Kalau di Jawa Timur disebutnya Cuban.

Kali ini, kami mencoba Curug Parigi, yang di gmaps dikatakan sebagai niagaranya Bekasi. Dari foto-foto yang terpampang di gmaps, terjun nya air yang bak tirai tinggi itu didapat dari aliran sungai yang mendadak jatuh karena dataran yang dilewatinya turun drastis, bentuk patahan. 

Maka kami berangkat pagi itu dari Depok melewati jalan Naronggong, yang ternyata sudah masuk Kabupaten Bekasi, dan sampai per4an setelah sebuah minimarket kecil, belok ke kiri. Kalau belok ke kanan, kita akan tiba di TPA Bantar Gebang yang terkenal itu. Bukan hanya terkenal sih, bau nya ternyata sangat mendunia.. Sejak kami masih di perbatasan Bogor, akan masuk daerah Cibubur - Cileungsi saja, bau itu sudah merajai sepanjang jalan. Kami masih belum paham dan mengira bau tersebut adalah selokan yang meluap selepas banjir karena hujan lebat. Sampai di warung-warung di Curug, kami baru tau kalau itu adalah bau dari Bantar Gebang, karena diinfo oleh seorang warga.

Jalan masuk ke kiri dari perempatan Jalan Naronggong tadi rupanya makin mengecil dan melewati jalan berkelok-kelok di antara kebun pisang dan tebu. Untungnya jalan ini dibatasi dengan sekat semacam gipsum sepanjang jalan, sampai di ujung jalan yang ternyata berakhir di pemukiman warga. Sempat terheran-heran juga, ternyata ada pemukiman di tempat seperti ini. Di ujung pemukiman, tampat tulisan "Parkir Curug" dan warung-warung. 




Untuk menuju ke curug, kita harus berjalan turun sekitar 5 menit. Sayang, hari itu waktu yang tak tepat. Setelah dihajar hujan lebat sejak sabtu lalu, sungai meluap hingga naik setinggi 3 meter dan menggerus beberapa spot foto selfie serta warung-warung di pinggiran sungai. Jalan menuju ke spot patahan niagara juga jadi berlumpur dan sangat tidak disarankan turun ke sungai. 



Tak hanya kami, ternyata banyak juga kelompok gowes dan beberapa keluarga, yang kecewa karena tak bisa menyaksikan curug yang indah. Tapi bagaimana pun, tetap selamat adalah alasan untuk bersyukur yang paling tinggi ^_^

Comments