Rammang-rammang Maros Surganya Sulawesi

Rammang-rammang adalah perbukitan karst yang terletak di Maros, 1 jam perjalanan dari kota Makassar. Untuk mencapai perbukitan tersebut, dari dermaga di Maros, kita harus naik perahu dengan kapasitas 6-7 orang menyusuri sungai.
Kami beruntung bisa mampir ke sana dalam perjalanan kami menuju basecamp Karangan untuk pndakian ke Gunung Latimojong (ceritanya ada di sini). 


06.00 & 7.10 pesawat yang kami tumpangi dari Surabaya terbang menuju ke Makassar
10.30 kami memulai petualangan kami dari Makassar dengan carter mobil. Dari bandara menuju batas Kota dengan 3 Mobil carteran @100.000; dari batas Kota, kami baru bisa naik mobil yg menjemput kami untuk perjalanan ke Baraka.
11.12 Kami tiba di rammang2, Maros
rammang-rammang karst di Maros
11.15 mulai susur sungai dengan perahu dan tiba di kampung karst pukul 12.45. Tarif pp perahu macam-macam. Kami naik yang isi 7 orang seharga 250.000 + isi 8 orang seharga 300.000
Dalam perjalanan menyusur sungai ini, perahu akan melewati 2 buah gua besar yang tengahnya adalah sungai yang kita lewati ini, jadi berasa di dalam terowongan air :D
Sesampai di Kampung Karst, kami membayar tiket di loket depan dengan harga Rp. 5000/ orang, cukup murah. 
Ada banyak destinasi di perbukitan ini, Anda bisa lihat sendiri pada papan nama tempat saya berfoto tersebut. Untuk menghabiskannya dalam waktu 1 jam sangat tidak mungkin, maka kami memilih saja ke Goa Berlian waktu itu. Mungkin butuh waktu sehari penuh kalau kita ingin menjelajah smua destinasi yang ada di sini. 
Soal makan, tak perlu khawatir, di kampung karst sudah banyak warung. 
Untuk tidur pun, Anda bisa menyewa homestay di rumah penduduk. 

13.45 Kami bertolak kembali dari kampung karst, lalu melanjutkan perjalanan ke Baraka.


Berhubung hari sudah menjelang sore dan kami belum makan siang, maka kami putuskan untuk mencari makan yg ada sepanjang perjalanan menuju Baraka, sekaligus membeli gas dan mengunduh rupiah yang sudah mulai menipis. Sayangnya, karena ini masih bulan puasa, sepanjang jalan yg seharusnya banyak warung makan, hampir semua tutup. Kami putuskan untuk berhenti di warung mana pun yang buka, dan beruntung ada sebuah warung coto makassar yg buka. Kami pesan coto makassar, sop saudara, dan sop konro di sana. Harganya kisaran 20-25.000/ porsi. Setelah kenyang, kami baru mencari minimarket untuk membeli gas dan kebutuhan lain sebagai bekal.

Comments