Pendakian Gunung Bismo : Menyaksikan Sunrise & Pesona Dieng dari Puncak Bismo

Gunung Bismo / Bisma adalah sebuah gunung kecil di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo. Secara Administrasi, Gunung Bisma terletak di Kabupaten Wonosobo. tepatnya di perbatasan Desa Campursari dengan Desa Sikunang, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Ketinggian puncak tertinggi Bismo adalah 2.365 mdpl. Sunrise dari puncak Bismo menjadi daya tarik tersendiri, selain pemandangan seputar yang bisa dilihat jelas dari puncaknya. Dengan waktu pendakian yang relatif tidak lama, kita bisa mencapai puncak Bismo.
Pendakian ke Gunung Bismo bisa dilalui dalam 4 jalur, yaitu:


  1. Jalur pendakian Gunung Bismo via Silandak
  1. Jalur pendakian Gunung Bismo via Deroduwur
  1. Jalur pendakian Gunung Bismo via Campursari
  1. Jalur pendakian Gunung Bismo via Maron
  1. Jalur pendakian Gunung Bismo via Sikunang

Nah sekarang pembahasan masing-masing jalurnya:

1. Jalur pendakian Gunung Bismo via Silandak
Jalur pendakian Gunung Bismo via Silandak tepatnya berada di desa SLukatan, kcematan Mojotengah, kabupaten Wonosobo. Jalur ini adalah jalur yang paling populer karena sudah diresmikan secara langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, pada 20 Juli 2019.
Untuk mencapai basecamp SIlandak, bisa naik bus sampai terminal Mendolo, Wonosobo, lanjut bus kecil sampai pertigaan Mojotengah, lalu lanjut ojek ke BC.
Jalur pendakian ini melewati 4 pos: pos 1 Dewabrata, pos 2 Hutan Pakis, pos 3 Sigandul, lewat terowongan mesra lalu tiba di pos 4 camp area. Puncak pertama yang akan dijumpai setelah 4 pos tersebut adalah Puncak Hastinapura, dan punggungan panjang Bismo sebelum sampai Puncak Bismo.
Perkiraan waktu sekitar 2-4 jam.
Dari basecamp ke pos 1 bisa dicapai dengan ojek, dengan tarif 10.000 - 15.000/ orang. Di pos 1 ada sumber air.

2. Jalur pendakian Gunung Bismo via Deroduwur
Jalur via Deroduwur masih termasuk baru dibuka, baru trimester ke-3 tahun 2019 lalu. Vegetasinya masih didominasi hutan.
Dengan waktu pendakian yang relatif lama, 3-4 jam, jalur ini mempunyai kelebihan yatu adanya sumber air di pertengahan perjalanan, yaitu di pos 3.

3. Jalur pendakian Gunung Bismo via Campursari
Jalur pendakian Gunung Bismo via Campursari tepatnya berada di dusun Pulosari, desa Campursari, kecamatan Kejajar, kabupaten Wonosobo.
Kelebihan jalur ini adalah dekat dengan desa wisata Campursari sehingga turun dari gunung bisa langsung mampir wisata air panas Campursari :)

4. Jalur pendakian Gunung Bismo via Maron
Jalur pendakian Gunung Bismo via Maron tepatnya terletak di Dusun Maron, desa Mutisari, kecamatan Watumalang, kabupaten Wonosobo. Jalur ini tergolong masih sangat baru dan belum banyak yang tau.
Untuk mencapai basecamp Maron, bisa naik bus sampai terminal Mendolo, Wonosobo lalu ganti bus kecil jurusan Dieng dan turun di pasar Garung atau pos Kejajar. Setelah itu bisa lanjut ojek ke basecamp dengan tarif sekitar 7000 - 10.000.
Waktu pendakian lewat jalur ini sekitar 2-3 jam. Untuk mencapai pos 1 bisa naik ojek bila mau hemat waktu.

5. Jalur pendakian Gunung Bismo via Sikunang
Jalur pendakian Gunung Bismo via Sikunang tepatnya berada di desa Sikunang, kecamatan Kejajar, kabupaten Wonosobo. Jalur ini juga tergolong baru dan masih rintisan. Plakat pos-pos belum ada, tapi papan petunjuk sudah lumayan jelas.
Untuk mencapai basecamp Sikunang, bisa naik bus sampai terminal Mendolo, WOnosobo lalu ganti bus kecil jurusan Dieng dan turun di Pasar Dieng. Setelah itu bisa lanjut ojek ke desa Sikunang atau jalan kaki ke arah Geodipa.
Waktu pendakian lewat jalur ini cukup cepat, sekitar 1-2 jam.
Cerita lengkap pendakian via Sikunang bisa dibaca di sini: https://silvanarw.blogspot.com/2020/01/jalur-pendakian-gunung-bismo-via.html


Comments