Pendakian Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan atau Pawitra adalah sebuah gunung di Jawa Timur yang terkenal karena dianggap merupakan puncak sesungguhnya dari Gunung Semeru, ada juga yang menyebut sebagai miniatur dari Mahameru.

Dalam Babad Tanah Jawi, memang ada kisah mengenai pemindahan gunung Mahameru dari India ke Pulau Jawa oleh para dewa, di mana pada proses pemindahan tersebut, puncak Mahameru terjatuh dan kemudian disebut sebagai Pawitra atau Gunung Penanggungan.
Karena kepercayaan ini pula,  tak heran jika di sekeliling Pawitra bertebaran candi dan berbagai situs pemujaan, bahkan jauh lebih banyak daripada di sekitar Mahameru sendiri.
Mengenai candi2 sekitar di penanggungan, dapat Anda simak pada laman ini.
Pendakian ke puncak gunung ini pun telah dilakukan sejak jaman kerajaan, bahkan dipercaya bahwa kereta jaman dahulu bisa mencapai puncaknya lewat jalur kuno yang zigzag. Jalur ini baru ditemukan pasca kebakaran hebat di lereng penanggungan beberapa tahun yang lalu.

Untuk jalur-jalur pendakian gunung penanggungan yang masih digunakan sampai sekarang sebagai berikut:
Jalur yang paling banyak dilalui saat ini masih tetap jalur Tamiajeng, selain karena paling pendek jalurnya juga karena di pos 2 masih ada warung yang menyediakan air dan snack.

Comments